Selasa, 30 Agustus 2016

DATA UMUM PERUSAHAAN - Sejarah Perusahaan

SISTEM PERAWATAN DAN SISTEM KERJA MESIN BOOK LINE 500 PLUS
DI CV. HARAPAN SEMARANG

BAB I
DATA UMUM PERUSAHAAN

Sejarah Perusahaan
Berawal dari usaha Bapak Maskun  yang berjualan koran dan buku kecil – kecilan sebagai pedagang kaki lima di daerah  ngaliyan Semarang, kemudian pada tahun 1975 berkembang menjadi sebuah kios buku dengan luas lokasi 1 x 1,5 meter yang disewa dengan harga Rp.25.000,-. Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis tersebut terus berkembang hingga pada akhir tahun 1975 kios buku yang dulu berstatus sewa akhirnya bisa terbeli dengan harga Rp.300.000,-. Setelah berkembang menjadi sebuah toko buku yang permanen, untuk lebih bisa dikenal oleh para konsumen serta sesuai dengan beraneka ragam buku yang dijual maka toko tersebut diberi nama “ HARAPAN “.

Toko buku HARAPAN terus tumbuh dan berkembang dari sekedar menjual buku kecil, kemudian berkembang menjadi sebuah percetakan yang berawal dari memproduksi kamus – kamus bahasa inggris dan kamus kata – kata praktis. Selanjutnya didirikan badan usaha yang bernama CV. HARAPAN pada tanggal 2 April 1978 didepan notaris S. Siswandi Aswin, SH. Dengan Nomor Akta 6, Tahun 1978, dengan kepengurusan sebagai berikut :
  1. H. Maskun sebagai direktur dan pemilik.
  2. Sri Harini sebagai pengurus dan wakil.
  3. Sariyadi sebagai persero.
Dengan bernaungnya CV. HARAPAN dibawah organisasi IKAPI atau Ikatan Penerbit Indonesia, kemajuan yang diraih semakin besar. Apalagi produksinya semakin lengkap dari yang awalnya hanya menerbitkan kamus-kamus, buku saku, raport hingga akhirya merambat sampai ke buku-buku pelajaran dari mulai SD sampai dengan SMU. Perkembangan CV. HARAPAN yang sedemikian pesat membuat masyarakat semakin mengenal dikalangan organisasi, relasi instansi - instansi baik swasta maupun pemerintah.

Namun pada awal januari 2005 CV.HARAPAN  mempunyai anak perusahaan yang bernama CV. KARYA MANDIRI  yang didirikan pada tahun 2005 yang merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan barang dan jasa termasuk percetakan. Sistem bisnis yang dijalankan menggunakan job order yaitu jika ada suatu order dari buyer (pembeli) maka perusahaan ini baru akan membuat produk yang buyer inginkan. dengan alamat kantor di Jl. Gebang Anom no. 5, Semarang. Walapun perusahaan ini anak cabang tapi dalam proses produksi di satu pabrik, yaitu di CV. HARAPAN.

Visi Misi perusahaan
Sebagai perusahaan yang sadar akan percetakan, maka CV. HARAPAN  berkewajiban untuk memberikan pelayanan kepada para pelajar dan masyarakat untuk mencapai kecerdasan dan peradaban bangsa tanpa mengabaikan usaha perdangangan dalam arti umum.
Tujuan utama didirikan perusahaan ini adalah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan mendapatkan profit tanpa melangar aturan - aturan dalam dunia bisnis. Selain itu misi dan tujuan perusahaan adalah sebagai berikut ;
  1. Mendapat hasil produksi sebaik - baiknya agar menjadi dambaan konsumen disegala tingkatan dan golongan.
  2. Niat untuk beribadah.
  3. Mendukung program pendidikan untuk meningkatkan kecerdasan dan kehidupan bangsa melalui buku-buku yang diterbitkan oleh CV. HARAPAN
  4. Ikut aktif dalam rangka peningkatan kesejahteraan umum dengan menyediakan lapangan  pekerjaan pada masyarakat sekitar, sehingga dapat mengurangi pengangguran sekaligus dapat membantu meningkatkan taraf hidup.

Lokasi Perusahaan
Nama perusahaan dalam hal ini adalah CV. Karya Mandiri yang berlokasi Jl.Gebang Anom VI No. 1 Genuksari Rt. 05/VIII Genuk-Semarang.
Dan dari CV. Karya Mandiri saya dipindah tugaskan ke CV. Harapan Jl. Bringin Raya No. 23 Ngaliyan Semarang.
CV. Harapan mempunyai lokasi yang tidak jauh dari jalan raya, yaitu dijalan Bringin Raya No. 23 Semarang, disekeliling CV. Manunggal Jaya dan CV. Harapan terdapat perkampungan sehingga mudah mendapatkan tenaga kerja didaerah ngaliyan. Denah dan lokasi bangunan pada CV. Manunggal Jaya dan CV. Harapan dapat kita lihat pada gambar dibawah ini :
Petunjuk arah dari Terminal Terboyo ke CV Harapan
Sumber: Google Maps

3 komentar:

  1. Assalamualaikum..
    Maaf boleh minta kontaknya cv harapan? Saya ingin penelitian tugas akhir disana tp Susah dicari ttg web nya. Terimakasih.. Mohon bantuannya

    BalasHapus