Selasa, 30 Agustus 2016

SISTEM PERUSAHAAN - Sistem Inventory

SISTEM PERAWATAN DAN SISTEM KERJA MESIN BOOK LINE 500 PLUS
DI CV. HARAPAN SEMARANG

BAB II
SISTEM PERUSAHAAN

Sistem Inventory
Sistem inventory yang berlaku di CV. HARAPAN menganut sistem FIFO ( First In First Out ) dimana bahan baku yang pertama kali datang digudang akan dikeluarkan dari gudang lebih awal. Hal ini dimaksudkan agar bahan baku kertas tetap terjaga kelembabannya, karena kertas mengandung PH yang berubah – ubah tergantung kondisi dalam ruangan serta cuaca dan suhu yang berada disekitar ruangan tersebut.
Sistem Inventory pada CV. HARAPAN mengenal dengan apa yang disebut dengan buffer stock atau menjaga supaya persediaan kertas digudang jangan sampai habis, dimana stock pada saat titik tertentu harus dilakukan ROP ( Reorder Point ).
Berikut adalah skema sistem inventory di CV. HARAPAN:

Skema Sistem Inventory di CV. HARAPAN

Sistem Perancangan Dan Pengendalian Produksi
Sistem perencanaan dan pengendalian, didefinisikan sebagai proses untuk merencanakan dan mengendalikan aliran material yang masuk, mengalir dan keluar dari sistem produksi sehingga permintaan pasar dapat dipenuhi dengan jumlah yang tepat, waktu penyerahan yang tepat, dan biaya produksi yang minimum. Plan production sangat perlu dilakukan guna membuat penjadwalan produksi agar teratur dan terjadwal yang bermuara pada ketepatan dalam produksi.
Sedangkan inventory control dilakukan agar tidak terjadi loss stock atau zero stock, dimana yang dimaksud zero stock adalah suatu situasi dimana ada sebuah kegiatan produksi stock bahan baku dalam keadaan kosong, hal ini sangat tidak boleh terjadi karena dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan baik SDM, mesin maupun loss profit. 
Berikut adalah skema sistem PPIC CV. HARAPAN:
Skema Sistem PPIC di CV. HARAPAN






Tidak ada komentar:

Posting Komentar