Selasa, 13 Desember 2016

PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PABRIK DENGAN PENDEKATAN 
GROUP TECHNOLOGY PADA PT. MAKMUR GRAFIKA SEMARANG

BAB IV
PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS DENGAN PENDEKATAN GROUP TECHNOLOGY PADA PT. MAKMUR GRAFIKA


4.1.      Pendahuluan
Pendahuluan merupakan suatu subbab yang terdiri dari beberapa hal yang saling terkait secara sistematik satu dengan yang lainnya yang akan mendefinisikan alasan pemilihan judul ataupun latar belakang, pokok-pokok pikiran tentang masalah yang ada, lingkup pengamatan agar nantinya pembahasan tidak melebar, dan juga memberikan penjelasan tentang tujuan dari pembuatan laporan.
4.1.1.                     Latar Belakang
Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi membawa dampak terhadap tatanan kehidupan dunia maka perusahaan harus dapat menjalankan strategi bisnisnya yang tepat agar mampu bertahan dalam menghadapi persaingan yang terjadi dengan memberikan perhatian penuh terhadap kualitas produk. Untuk dapat bertahan dalam persaingan, suatu perusahaan juga harus mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Salah satu cara untuk dapat mencapai hal tersebut adalah dengan menerapkan suatu tipe tata letak pabrik yang berorientasi pada peningkatan produktivitas dan fleksibilitas. Menghadapi kondisi ini, dimana variasi produk tinggi, daur hidup produk yang pendek, permintaan yang berubah-ubah, dan adanya tuntutan dalam hal pengiriman yang tepat waktu, menyebabkan perusahaan memerlukan strategi untuk meningkatkan efisiensi dalam menggunakan fasilitas. Suatu sistem manufaktur harus dapat menghasilkan produk-produk dengan ongkos yang rendah dan kualitas tinggi, serta dapat mengirimkannya tepat waktu kepada pelanggan. Suatu sistem juga harus dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, baik dari perancangan proses maupun permintaan produk.    
                Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan merancang tata letak pabrik atau melakukan konfigurasi ulang tata letak pabrik. Menurut Nicol dan Hollier 1983, perancangan tata letak tidak hanya diperlukan saat membangun perusahaan baru, tetapi juga saat mengembangkan perusahaan, melakukan konsolidasi atau mengubah struktur perusahaan. Perusahaan yang telah mapan membutuhkan perubahan tata letak fasilitasnya setiap dua atau tiga tahun sekali
Perusahaan Makmur Grafika sebagai tempat penelitian telah menerapkan  process layout  sebagai dasar tata letak pabrik. Akan tetapi terjadi peningkatan biaya dan waktu yang panjang karena terjadinya aliran proses yang panjang.  Atas dasar inilah, dilakukan pendekatan  Group Technology  yang mengusahakan suatu  flow line yang dapat menghasilkan tingkat efisiensi yang tinggi disertai tingkat fleksibilitas yang tinggi pula untuk mengerjakan berbagai komponen sesuai dengan permintaan konsumen, dengan cara mengelompokkan mesin-mesin dan  part-part  ke dalam sel manufaktur. Cellular Manufacturing  (CM) merupakan penerapan langsung filosofi Group Technology dalam proses manufaktur.
Berdasarkan uraian-uraian diatas, maka perlu dilakukan penelitian tata letak fasilitas pabrik didalam perusahaan untuk selanjutnya akan digunakan untuk mengetahui seberapa jauh perusahaan sudah mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi, maka judul yang diambil untuk penelitian ini adalah “Perancangan Tata Letak Fasilitas Menggunakan Pendekatan Group Technology Pada PT. Makmur Grafika ”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar