Minggu, 18 Desember 2016



PROSES PRODUKSI PAKU DI DEPARTEMEN PRODUKSI PT. SIANTAR WIRETAMA INDONESIA

BAB IV
PROSES PRODUKSI PAKU DI DEPARTEMEN PRODUKSI
PT. SIANTAR WIRETAMA INDONESIA

Pendahuluan
4.1.1      Latar Belakang
Perkembangan dunia industri sangat pesat sehingga hal tersebut juga di ikuti oleh perkembangan dunia industri yang pesat pula. Perkembangan industri yang maju tidak luput dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di lain pihak sampai sekarang ini perkembangan teknologi dan informasi tidak selalu dapat diikuti oleh pihak institusi pendidikan yang memiliki kewajiban mempersiapkan tenaga kerja.
Mengamati perkembangan teknologi yang sangat pesat dimasa ini memberikan gambaran kepada dunia industri akan pentingnya peningkatan mutu produknya. Hal di lakukan agar dapat bersaing dengan industri – industri lainnya, pada pesaingnya semakin tajam di dunia industri. Dalam persaingan perusahaan belomba – lomba untuk mendapatkan hasil yang optimal.
PT. SIANTAR WIRETAMA INDONESIA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk stell khusunya produk paku dengan ukuran yang beragam. Produksi paku di perusahaan tersebut mempunyai beberapa ukuran yaitu 1”, 1 ¾”, 1 ½”, 2”, 2 ½”, 3”, 3 ½”, 4”, dan 5”. Mesin – mesin yang di gunakan oleh perusahaan juga tergolong canggih dimana mesin - mesin tersebut berproduksi secara otomatis. 
Produk paku merupakan produk yang di hasilkan dari bahan baku Wire Rod yang merupakan gulungan – gulungan kawat (coill). Secara umum proses pembuatan paku mempunyai beberapa tahapan seperti proses drawing, pemotongan otomatis, pemolesan dan pengepakan (packing).
Proses drawing merupakan proses dimana kawat (wire Rod) tersebut akan di Tarik dan pengurangan diameter kawat dengan ukuran yang sudah di tentukan. Pada proses potong otomatis ini, kawat yang sudah di proses di mesin drawingakan di cetak atau di bentuk dengan mesin khusus pengubah kawat menjadi paku dengan ukuran tertentu. Pada proses pemolesan, paku yang sudah di kumpul sesuai dengan ukurannya akan di bawa ke mesin pemoles, paku tersebut akan masuk ke dalam tong polesan dan di proses dengan tujuan untuk membersihkan sisa – sisa oli dan scrap pada ujung paku. Dan yang terakhir proses pengepakan (packing), proses ini lebih simple. Paku yang sudah di poles nantinya akan di bawa ke wadah pengepakan dan di kemas secara manual.
Untuk menghasilkan produk paku yang telah di pesan sebelumnya, divisi produksi berusaha menghasilkan produk yang berkualitas sesuai standar yang telah di tetapkan. Tahapan proses produksi yang disiplin dan teratur sangatlah penting agar menciptakan sebuah produk yang berkualitas tinggi. Mengingat kembali tahapan proses maka di perlukan suatu pengamatan langsung untuk melihat jalannya suatu proses, salah satunya adalah pengamatan proses produksi.
Pengamatan proses produksi merupakan aktifitas langsung di lapangan produksi. Dalam pengamatan proses produksi ini akan di bahas mengenai jalannya suatu tahapan proses produksi sesuai dengan standart yang telah di tetapkan agar kualitas produk tersebut dapat di pertanggung jawabkan kepada konsumen atau pemesan.


  

1 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment plant untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA:081310849918
    Terima kasih

    BalasHapus